BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGGUNAAN PRESENTASI
BERBASIS LINUX “IMPRESS”
1.
Apakah Impress itu ?
OpenOffice.org Impress adalah salah satu aplikasi dalam paket OpenOffice.org yang berfungsi untuk membuat slide show untuk presentasi. OpenOffice.org Impress merupakan aplikasi yang dapat menggantikan aplikasi MS Powerpoint, mengingat fitur yang dimilikinya tidak kalah dengan MS Powerpoint. OpenOffice.org Impress pun mempunyai kemampuan untuk membuka file .ppt maupun menyimpan ke file dengan
ekstensi .ppt dengan demikian kita dapat dengan mudah
berpindah dari MS PowerPoint ke OpenOffice.org Impress ataupun sebaliknya. Untuk memulai program OpenOffice.org Impress, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut
ini.
a.
Klik tombol Start Applications.
b.
Pilih Office.
c.
Pilih OpenOffice.org Presentation.
Fasilitas
unggulan yang dimiliki Impress yaitu :
·
Multi Monitor,
mempresentasikan dengan tampilan lebih dari satu monitor.
·
Perangkat penggambar dan diagram
·
Animasi dan Efek Slide show
·
Master Document, membuat dokumen presentasi
secara kelompok dalam jumlah besar
2. Mengenal Ruang Kerja Impress
Gambar II.1 ruang kerja
Impress
Bagian-bagian yang terdapat pada area kerja OpenOffice.org Impres adalah sebagai
berikut.
1.
Title Bar, berisi nama file presentasi dan nama program aplikasi yang sedang aktif.
2.
Control Box,
berisi tiga buah tombol pengatur window/layar, yaitu Minimize Window (untuk
menyembunyikan window), Restore Window atau Maximize
Window (untuk memperbesar
Window atau mengembalikan window ke ukuran
semula), dan Close Window (untuk menutup program OpenOffice.org Impress).
3.
Menu Bar,
berisi barisan menu perintah penting File, Edit, View, Insert, Format, Tools,
Slide Show, Window dan Help. digunakan untuk mengerjakan suatu perintah secara cepat.
4. Toolbar
Standard dan Toolbar Drawing, berisi tombol-tombol
atau ikon yang sering digunakan untuk mengerjakan suatu perintah secara cepat.
Toolbar yang umumnya langsung terlihat pada jendela OpenOffice.org Impress
adalah toolbar Standard, toolbar Formating, dan toolbar Drawing.
5. Area Outline menampilkan atau kerangka presentasi yang biasanya
mencakup judul dan isi materi.
6. Task, layar windpw yang menampilkan menu bantuan untuk
mempermudah pengeditan slide presentasi.
7. Scroll Bar, digunakan untuk menggeser area kerja ke kanan atau ke
kiri maupun ke atas atau ke bawah.
8.
Status Bar, menampilkan
informasi-informasi mengenai file presentasi yang sedang terbuka, seperti
ukuran slide, jumlah slide, dan sebagainya.
Berikut adalah
perbandingan tampilan OpenOffice.Org Impress dengan MS PowerPoint:
Gambar II.2 tampilan OpenOffice.Org
Impress
Gambar
II.3 tampilan Gambar MS. Power Point 2007
Gambar II.4 tampilan MS Power Point 2003
3. Menjalankan Aplikasi Program Impress
- Membuka File Baru
a. Membuka aplikasi OpenOffice Impress. Kemudian klik presentation, anda akan memperoleh tampilan Presentation Wizard seperti gambar berikut. Pilih checkbox From template selanjutnya pilih Presentation
Background.
Gambar II.5
b. Silahkan anda
memilih latar belakang yang anda sukai. Pada gambar berikut, latar belakang Keyboard dipilih. Kemudian klik Next.
Gambar
II.6
Gambar II.6
c.
Klik Next, bila kita tidak ingin merubah setelan default pada layar ke-2
Gambar II.7
d.
Pada layar ke-3, anda dapat mengatur slide transition dan
presentation type. Pada layar berikut dipilih animasi transisi Wipe Up. Klik Next bila anda sudah memilih setelan yang anda kehendaki.
Gambar II.8
e. Pada layar ke-4 Anda dapat menuliskan beberapa keterangan mengenai presentasi yang
akan anda buat. Disini, kita dapat menuliskan judul presentasi kita, misalnya
Presentasi yang baik. Klik Next bila telah selesai.
Gambar II.9
Gambar II.10 Gambar
II.11
a.
Mengubah
Layout Slide Pertama
Halaman pertama biasanya adalah Judul. Untuk itu kita ubah lay out slide pertama menjadi Title slide, dengan memilih pada panel Lay out disebelah kanan. Lengkapi
halaman Judul ini sesuai keinginan anda.
Gambar II.12
b. Menambah
Slide Ke Dua
-
Untuk menambahkan slide kedua, Anda dapat memilih menu Insert slide.
Gambar II.13
-
Selanjutnya anda isikan isi teks untuk slide kedua.
Gunakan pengaturan ukuran huruf, paragraf (menu-Format Paragraph), dan penomoran (menu Format Bullets and Numbering) untuk mendapatkan hasil yang
diinginkan.
Gambar II.14
- Pada slide ini, kita akan menyisipkan sebuah gambar. Ada
beberapa cara yang dapat digunakan. Disini kita akan memilih cara mengubah
layout slide. Klik pada panel Layouts dan klik ikon untuk Title, Text, Clipart
seperti gambar di bawah ini.
-
Gambar II.15
-
Selanjutnya kita masukan gambar dengan mengetik ganda pada ikon seperti
gambar dibawah. Akan muncul kotak dialog untuk memilih gambar yang kita
inginkan. Klik tombol insert, maka anda akan memperoleh tampilan. Anda dapat
mengukur ukuran kotak teks dan gambar sesuai keinginan.
Gambar II.16 Gambar
II.17
c. Mengubah
Layout Slide
Ada
banyak tipe layout yang disediakan oleh Impress yang dapat disesuaikan dengan bentuk slide yang sedang dibuat.
Untuk mengubah layout slide, ikuti langkah berikut :
1. Pada slides pane, pilih slide yang layoutnya akan diubah.
2. Pada Task pane Layout, klik layout yang diinginkan.
Beberapa kombinasi layout dari elemen-elemen presentasi dapat dipilih
sesuai dengan kebutuhan :
Tabel.II.1
Elemen Presentasi
|
Keterangan
|
Menyediakan tempat untuk judul
|
|
Menyediakan tempat untuk tabel spreadsheet
|
|
Menyediakan tempat untuk diagram
|
|
Menyediakan tempat untuk gambar
|
|
Menyediakan tempat untuk object
|
|
Menyediakan tempat untuk text outline
|
Untuk layout yang
memiliki elemen berupa spreadsheet, diagram, gambar atau object, maka klik dua
kali pada slide untuk menambah elemen tersebut pada slide. Jika anda tidak
ingin elemen-elemen presentasi ditempatkan pada slide, maka pilih layout kosong
(blank layout – layout pertama). Gambar berikut adalah jenis-jenis layout yang
disediakan untuk masing-masing view.
|
d.
Menjalankan File Presentasi
Jalankan presentasi yang akan dibuat dengan memilih menu
Slide Show, kemudian Slide Show atau tekan F5. Presentasi akan ditampilkan
secara full screen. Anda dapat berpindah dari satu slide ke slide lainnya
dengan menekan tombol HOME, PGUP, PGDN, END atau menggunakan anak panah.
e. Start dan Exit Presentasi
Memulai presentasi, setelah membuka file Impress, ada beberapa cara untuk
memulai mempresentasikan slide-slide :
1. Dari menu Slide Show | Slide show
2. Dari Normal view, tekan F5
3. Dari toolbar Presentation,
pilih Slide Show
Gambar II.18
*Jika toolbar
presentation belum aktif, dapat dimunculkan dari menu View | Toolbar dan pilih Presentation.*
f. Menyimpan File
File dokumen yang telah dibuat dengan menggunakan Open Office Impress jika disimpan akan memiliki extensi .odp (Open Document Presentation) sebagai defaultnya. Selain itu juga dapat disimpan ke
dalam format sxi, otp, atau format File dokumen yang telah dibuat dengan menggunakan Microsoft PowerPoint.
1.
Pada toolbar standar klik tombol Save, akan muncul kotak dialog
Save
2.
untuk menimpan file pafa folder yang baru, klik pada Browse for other folders,
akan tampil jendela Save beriktunya.
3. Klik tombol Create Folder untuk membuat folder baru.
4. Pada kotak Name, ketikkan nama folder Latihan Impress seperti pada gambar dibawah ini.
|
||
|
5. Setelah mengetikkan nama folder baru, tekan Enter.
6. Klik dua kali pada folder Latihan Impress sehingga folder ini aktif
7. Pada kotak Name yang paling atas, ketik Presentasi1.
8. Klik Save untuk menyimpan dan menutup kotak dialog Save.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar