BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang Masalah
Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Salah satunya menjaga kebersihan pada loker bangku. Hampir disetiap loker bangku ada sampah. Sampah para siswa yang dibuang pada loker bangku. Sampah ini biasanya sampah jajanan para siswa.
Lingkungan belajar pun harus dijaga dengan baik termasuk loker bangku. Agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan peluang untuk berprestasi pun dapat diraih. Kemudahan para pelajar dalam berfikir, berkreasi dan mampu secara aktif dikarenakan lingkungan belajar yang bersih dan sangat mendukung timbulnya ketertiban dan kenyamanan pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
Lalu jika lingkungan belajar yang kotor, tentunya akan menimbulkan kesan malas dan membosankan sehingga tidak muncul rasa semangat yang dengan sendirinya dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Lingkungan pun menjadi salah satu faktor konsentrasi belajar siswa.
I.2. Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui pengaruh sampah pada loker bangku pada konsentrasi belajar siswa.
I.3. Rumusan Masalah
1. Apakah sampah pada loker bangku dapat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa?
2. Bagaimana sampah pada loker bangku dapat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa?
BAB II
PEMBAHASAN
II.1. Arti Pentingnya Menjaga Kebersihan Pada Loker Bangku
Kebersihan kelas merupakan hal terpenting untuk membuat kenyamanan pada keadaan kelas tersebut. Hal ini dapat membuat kita lebih senang belajar dan lebih semangat. Sangatlah penting menjaga kebersihan loker bangku, karena sampah pada loker bangku dapat membuat belajar tidak nyaman dan tidak bersemangat. Ada beberapa faktor yang ditimbulkan pada sampah loker bangku terhadap konsentrasi belajar siswa. Loker bangku bersih hanya ditemukan pada pagi hari saja dan setelah memasuki siang hari kondisinya menjadi banyak sampah kembali dan masih banyak ditemukan coretan-coretan yang menempel di meja dan bangku, ini diakibatkan karena kurangnya kesadaran siswa mengenai akan pentingnya kebersihan.
II.2. Metode Penelitian
a. Alat dan bahan
- Alat tulis
- kamera
- Sampel sebagian murid kelas XI-IPA 1 SMAN XXX
b. Cara kerja
1. Mewawancarai satu persatu murid yang telah ditentukan tentang pengaruh sampah pada loker bangku terhadap konsentrasi belajar siswa.
2. Mengambil gambar (foto) pada loker bangku dan para siswa yang sedang belajar.
II.3. Hasil Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian diketahui :
a. Tanggapan siswa di kelas kelas XI IPA 1 SMAN XXX
Apakah anda berkonsentrasi belajar jika di loker bangku terdapat sampah?
No
|
Nama
|
Pengaruh sampah
|
Alasan
| |
YA
|
TIDAK
| |||
1
|
A
|
√
|
Jelas sekali tidak, karena bila ada sampah pada loker bangku membuat kenyamanan dalam belajar hilang.
| |
2
|
B
|
√
|
Karena kalau mau nyimpen buku apapun tidak bisa. Jika sampah pada loker banyak, bau tidak sedap menggangu saat belajar.
| |
3
|
C
|
√
|
Tidak karena takut nyamuk membuat sarang dan bakteri yang merugikan tubuh kita, serta takut ada bau yang tidak sedap.
| |
4
|
D
|
√
|
Tidak, karena akan bau, apalagi kalo banyak di kolong bangku.
| |
5
|
E
|
√
|
Enggak, karena kalau kotor banyak bau yang tidak enak.
| |
6
|
F
|
√
|
Tidak, karena bisa terjadi banyak nyamuk bau tidak sedap serta kuman.
| |
7
|
G
|
√
|
Tidak, soalnya suka banyak nyamuk.
| |
8
|
H
|
√
|
Enggak, soalnya tidak enak dilihat.
| |
9
|
I
|
√
|
Tidak, karena jika di loker bangku ada sampah minuman dan airnya tumpah lalu tidak di lap akan mengakibatkan becek.
| |
10
| J |
√
|
Tidak, karena tidak akan membuat konsentrasi belajar lancar.
|
Tabel II.1 hasil penelitian
Berdasarkan data dari tabel diatas, menyebutkan bahwa terdapat 10 orang siswa yang tidak dapat berkonsentrasi belajar jika terdapat sampah pada loker bangku.
b. Berikut gambar hasil penelitian
|
|
|
Gambar II.1 sampah pada loker bangku
Gambar II.2 siswa sedang bermain hp
loker bangku
Gambar II.4 dan II.5 siswa yang berkonsentrasi belajar
II.4. Ringkasan singkat
Kebersihan loker bangku hanya ditemukan pada pagi hari saja dan setelah memasuki siang hari kondisinya menjadi kotor kembali dan masih banyak ditemukan coretan-coretan yang menempel di meja dan bangku, ini diakibatkan karena kurangnya kesadaran siswa mengenai akan pentingnya kebersihan. kebanyakan siswa tidak dapat berkonsentrasi belajar jika ruangan kelas yang ditempatinya itu kotor. Kebersihan sangat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Jika kelas bersih, indah dan tertata rapi maka kemungkinan besar kenyamanan dalam proses pembelajaran akan tercapai, selain itu konsentrasipun bisa lebih fokus, dengan begitu sistem kerja otak akan semakin meningkat. Tetapi sebaliknya, jika lingkungan sekolah terutama kelas terlihat kotor dan kumuh, pelajaran atau materi yang akan diberikan oleh guru akan sulit diterima oleh siswa, hal ini disebabkan karena pecahnya konsebtrasi akibat situasi kelas yang tidak nyaman. Suasana kelas yang seperti ini juga menyebabkan siswa bosan atau mengantuk. Maka dari itu kelas harus selalu dalam keadaan bersih agar siswa bisa meningkatkan konsentrasi belajarnya.
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh kami, dapat disimpulkan bahwa sampah pada loker bangku sangat mengganggu konsentrasi belajar siswa. Dan sebaliknya jika tidak ada sampah pada loker bangku maka konsentrasi belajar siswa akan menjadi nyaman dan fokus. Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan pada loker bangku dan memanfaatkan fungsi loker bangku sebagai menyimpan buku bukan untuk membuang sampah.
2. Saran
Kami sangat membutuhkan saran untuk kedepannya. Kami yakin makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Ambilah sisi positif dari hasil kerja kami ini dan kami mohon perbaikannya jika dalam makalah ini ada kesalahan agar kami dapat memperbaikinya di masa yang akan datang.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar