PEMBELAJARAN TERPADU TIPE NETWORKED

 

PEMBELAJARAN TERPADU TIPE NETWORKED

 

A.      Pengertian Pembelajaran Terpadu Tipe Networked

Fogarty (2014. Hlm.77) menjelaskan bahwa pembelajaran terpadu tipe networked adalah hubungan internal antara siswa dengan ahli yang akan membantu siswa menciptakan jaringan kerja sama yang sesuai dengan bidangnya. Hosnan (2014. Hlm.77)  memaparkan bahwa pembelajaran terpadu tipe networked adalah model pembelajaran berupa kerja sama antara siswa dengan seorang ahli dalam mencari data atau keterangan sehubungan dengan mata pelajaran yang disukainya atau diminatinya sehingga siswa secara tidak langsung mencari tahu dari berbagai sumber. Sumber dapat berupa buku bacaan, internet, radio, TV, teman, kakak, orang tua, ataupun guru yang dianggap ahli oleh siswa. siswa memperluas wawasan belajarnya sendiri, artinya siswa termotivasi belajar karena rasa ingin tahu yang besar dalam dirinya.

Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan yaitu pembelajaran terpadu tipe networked ini adalah pembelajaran yang menciptakan proses kerja sama antara siswa dan ahli (sumber belajar) yang membentuk sebuah jaringan untuk memperoleh informasi yang diikat oleh misi belajar dari berbagai disiplin ilmu.

B.       Karakteristik Pembelajaran Terpadu Tipe Networked

Fogarty (2009. Hlm.11) menjelaskan beberapa karakteristik pembelajaran terpadu tipe networked, yaitu

1.        Potensi terciptanya sumber belajar antara banyak pihak yang membentuk sebuah jaringan

2.        Sumber belajar yang digunakan beragam (buku, majalah, internet, televisi, radio, ahli).

3.        Menimbulkan minat siswa dalam mencari informasi.

4.        Memungkinkan siswa untuk aktif dalam mencari informasi

5.        Membuat siswa mampu menyimpulkan informasi yang diperoleh.

C.      Langkah-langkah Pengembangan Pembelajaran Terpadu Tipe Networked

dalam menerapkan pembelajaran terpadu tipe networked, guru perlu memikirkan apa yang siswa minati. kemudia guru merencanakan pembelajaran networked untuk siswa mencari informasi dari berbagai sumber seperti televisi, radio, buku, majalah, internet, dan siswa juga dapat bekerja sama dengan orang lain yang dianggap ahli sesuai bidangnya (Fogarty. 2009. Hlm.116)

D.      Contoh Bagan dan Peta Konsep Tipe Networked

Berikut contoh bagan tipe Networked di SD menurut Fogarty (2009. Hlm.113)




E.       Implementasi Pembelajaran Terpadu Tipe Networked

Berikut adalah contoh bagan dan peta konsep pembelajaran terpadu tipe networked menurut Utami. M. D. W 


  


 

F.       Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Terpadu Tipe Networked

Kelebihan dari pembelajaran terpadu tipe Networked yaitu memfasilitasi siswa untuk melatih sikap disiplin serta mendorong siswa utnuk bekerja sama dengan seseorang yang ahli di bidangnya. Kegiatan ini akan menumbuhkan sikap kerja sama siswa dengan orang lain yang dianggap siswa sebagai ahli. Selain itu, pembelajaran terpadu tipe networked juga menumbuhkan terciptanya rasa ingin tahu siswa yang menimbulkan ketertarikan dan motivasi belajar siswa dengan orang lain.

Kekurangan dari tipe networked, dapat menyebarkan minat yang terlalu tipis dan tidak berkonsentrasi atau memecahkan perhatian siswa sehingga upaya-upaya pengajaran yang dilakukan menjadi tidak efektif. Selain itu, motivasi anak akan berubah seiring berjalannya waktu sehingga kedalaman materi pelajaran menjadi dangkal secara sengaja karena mendapat hambatan dalam mencari sumber. (Fogarty. 2009. Hlm.111)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hallo

Assalamu'alaikum wr.wb Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunianya saya dapat membuat blog ini. Salawat...